Samuel Berkat Hulu~Blog
Quiz 1 MPPL B
Nama : Samuel Berkat Hulu
Nrp : 5025201055
Soal Quiz
1. Sebutkan perbedaan pekerjaan proyek dan pekerjaan rutin (Min 4).
Jawaban :
- Perkerjaan rutin ialah perkerjaan yang dilakukan setiap hari sedangkan perkerjaan proyek ialah perkerjaan yang memiliki batas waktu pengerjaanya(memiliki deadline waktu)
- Perkerjaan rutin tidak harus melakukan inisialisasi kebutuhan, perencanaan, serta perancangan kerja sercara menditail. Sedangakan perkerjaan proyek harus diwajibkan melakukan inisialisasi kebuthan, melakukan perencanaan dan melakukan perancangan kerja secara menditail, itu semua harus direncanakan diawal dan didokumentasikan dalam bentu laporan
- Pekerjaan rutin tidak memiliki resiko yang begitu besar sedangkan perkejaan proyek memiliki resiko yang begitu besar jika sala dalam perhitungan dan pelaksanaan proyek (proyek dengan pendanaan besa)
- Perkerjaan rutin tidak memerlukan banyak tenaga kerja (Tim) sedangkan perkerjaan proyek lebih membutukan tim karena perkejaan proyek tidak dapat di lakukan oleh satu orang saja.
2. Apa saja yang perlu dikelolah dengan baik, agar proyek dapat berhasil.
Jelaskan.
Jawaban : Faktor-Faktor yang harus dikelolah dengan biak agar proyek dapat berhasi
- 1.Perencanaan
- Hal yang paling mendasar dari kebehasilan suatu proyek perencanaan, dalam hal ini seluruh stakeholder harus diikut sertakan agar mereka tahu kearah manah proyek akan berjalan. serta membuat tim tetap fokus kepada tugas dan tanggung jawab, proses ini juga memungkinkan terciptanya skala waktu proyek yang realistis.
- 2.Smart People
- Hal yang paling berperngaruh lainya ialah intelektual orang-orang yang bergabung kedalam tim proyek. Tanpa adanya mereka rencana ataupun stategi yang telah ditetapkan sebelumnya memiliki peluang untuk hancur dan berantakan. sehingga penting untuk memilik suberdaya yang memiliki intelektual yang baik dan juga kopeten dalam bidang yang ia tangani
- 3.Open Comunication
- Menjaga kominikasi terbuka dalam tim sangat berpengaruh pada kesuksesan suatu proyek. ini dikarenakan komunikasi merupakan cara terbaik untuk mencegak terjadinya masalah karena miss komunikasi.
- 4.Risk management
- Project manager wajib melakukan manajement resiko secara cermat. pada tahapan perencanaan telah memastikan telah membuat rincian resiko yang mungkin akan dihadapi selama proyek berjalan hingga tahapan penutupan. hal ini dapat membantu tim dengan cepat menyelesaikan dan mengelolah sesuai dengan masalah yang telah di perhitungkan dalam tahap menajement resiko tadi.
3. Siapakah yang dimaksud Stakeholder dalam proyek. Sebutkan dan jelaskan perannya.
Jawaban :
Stakeholder ialah pemangku kepentingan individu, kelompok ataupun pihak yang memiliki kepentingan dalam suatu organisasi (perusahaan) dan hasil tindakanya dapat mempengaruhi atau dipengaruhi jalanya bisnis
1.Manager Proyek
- Berperan sebagai mengatur jalannya seluruh proyek dari awal proyek pelaksanaan proyek hingga proyek selesa.
- Seorang yang bertugas dalam menentukan kebijakan dan aturan lainya dalam manajemetn proyek.
4. Komposisi Tim Proyek terdiri dari apa saja? Apa peran masing-masing.
Jawaban :
- Project Manajer
- Site Enginer
- Stucture Engineering
- Architect Engineering
- Quality control
- Drafter
- Quantity Engineer
- Staff Akuntansi
- Administrasi Umum
- General Affrair
- Chief Inspector
- Supervisor
- Surveyor
5. Tuliskan draft Project Charter untuk link proyek berikut
Project Charter
Komentar
Posting Komentar